SELAMAT DATANG --- SELAMAT MEMBACA --- SALAM SATU JIWA --- TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA ---

Tuesday, January 31, 2012

MENGGUNAKAN VIRTUAL OSCILLOSCOPE PADA PROTEUS

Virtual Oscilloscope sudah standar / sesuai dengan semua versi ProSPICE dan model-modelnya, yang mempunyai spesifikasi sebagai berikut:
- Dual channel atau X-Y operasi.
- Penguatan tiap channel dapat diatur dari 20V/div sampai 2mV/div
- Periode (Timebase) dapat diatur dari 200ms/div sampai 0.5us/div
- Level tegangan otomatis untuk setiap channel.
- Input dapat berupa sinyal AC atau DC.

Untuk cara penggunaannya sebagai berikut :
1. Buat sebuah rangkaian (disini saya memakai rangkaian op-amp non inverting)

2. Beri masukan sinyal AC ( SINE ) dengan cara klik icon generator mode >> pilih sine

3. Klik masukan tadi (yang sudah dihubungkan dengan rangkaian) >> tekan ctrl + E (Edit Properties) >> beri Amplitude 1V dan Frequency 1Hz >> OK 

4. Beri Oscilloscope dengan cara klik icon virtual instruments mode >> pilih oscilloscope

5. Hubungkan channel A dengan input dan channel B dengan output rangkaian
6. Jalankan simulasi klik tombol play ( tekan F12 )
7. Atur Penguatan Amplitudo pada Channel A dan B menjadi 5 V

8. Atur Periodenya menjadi 0,2 mS
9. Matikan channel C dan D dengan memposisikan OFF
10. Lihat hasilnya
11. Selamat mencoba

15 comments:

  1. Replies
    1. program proteus? silaken cari di 4shared aj mas, gak kuat aq kolo harus uplod master programnya hehehe

      btw thanks udah mampir

      Delete
  2. Replies
    1. kalo mau bikin lay out pcbnya kan tinggal transfer net list to ares.. btw tks atas kunjungannya

      Delete
  3. Boleh dishare filenya mas?Thank You
    imam.suhendraa@yahoo.com

    ReplyDelete
  4. Mas saya punya proteus 8, itu ketika saya ingin simulasi rangkaian,osciloscope-nya itu kadang keluar/ada kadang gak ada keluar/gak ada, mohon bantuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kadang keluar kadang gak, di hapus aja komponen osiloskop di skematik lalu ambil lagi dan hubungkan lagi ke skemanya, save, trus play simulasinya,,,,

      makasih udah mampir

      Delete
  5. Mas kalo sinyal di osciloscope tidak ada padahal saya simulasi pakai led sama dc volmeter itu ada outputnya mas itu apakah rangkaian saya brmasalah? Mohon bantuannya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sinyalnya DC ya cuman garis lurus, itu yg dia tas sinyal ac jadi kelihatan gambar gelombang

      Delete
    2. Mas saya kan praktek buat osilator colpitt nah itu saya simulasinya sudah sama seperti yg diatas tapi hasil dilayar osciloscope tetap garis lurus,itu kemungkinan dari rangkaian saya yang salah kh mas? Mohon bantuannya mas,maklum saya orang awam.

      Delete
    3. o ya lihat juga komponen yg kamu pakai terutama transistor / ic apakah sudah termasuk active (dapat disimulasikan) atau tidak.. oya osilator colpitt itu pakai induktor y? saya belum pernah coba simulasi pakai rangkaian yang ada induktornya...

      Delete
  6. Kalau buat arus ac cara nya sama bro? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, diatas saya pake sumber masukannya AC
      makasih dah mampir gan

      Delete
  7. Klo sinyal dc ap garis lurus aj. Gak bisa sinyal kotak

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo sinyal kotak biasanya hasil penyearahan... tp dicoba aja sy dah lupa hehehe
      makasih atas kunjungannya ya :)

      Delete

Silakan Tuliskan Komentar Anda Untuk Kemajuan Blog Ini
Terima Kasih Atas Kunjungannya

Entri Populer